Kamis, 15 Januari 2009

Perkebunan Buah Naga (Dragon Fruit)

Ini merupakan hamparan kebun buah naga yang sangat luas salah satu milik mantan lurah di Galang yang bibitnya didatangkan langsung dari Malaysia buahnya warna merah keunguan dan kulitnya menyerupai kulit naga.


Sebenarnya buah ini sudah lama ada tapi diIndonesia baru booming dan bahkan menjadi buah bibir dan kini telah banyak dibudidayakan di Galang.

Pohon naga ini ditanam sejak 2 tahun silam tapi pada umur 9bln sudah mulai berbuah dan bayangkan usianya bisa mencapai 31 tahun, buahnya dijual antara 15rb - 20 rb / kg disini juga tersedia bibit naga dan pupuk. Buah naga dihasilkan tanaman sejenis kaktus. Batangnya berwarna hijau dengan bentuk segi tiga penuh duri dan mempunyai sulur batang yang tumbuh menjalar harus pakai penyangga kayu/ beton supaya pohon berdiri tegak.













Karena selain warnanya yang mencolok rasanya juga enak dan segar (manis & asam) lebih lagi
Buah naga yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral ini mampu mencegah berbagai macam penyakit seperti :
- Rematik
- Kanker

- Kumor

- Jantung,
- Asam urat

- Panas dalam

- Menajamkan penglihatan

- Menguatkan ginjal tulang

- Menurunkan kolesterol dan
- Menyeimbangkan gula darah
- Memperlancar pencernaan




Saat menyusuri kebun milik mantan lurah ini kami juga melihat pohon markisa dibelakang rumah dan berbagai tanaman hias.... senangnya tinggal di daerah ini






1 komentar:

Anonim mengatakan...

hi, met kenal. saya V.Simarmata. mama saya punya kebun buah naga dbelakang rumah, awalnya iseng nanam bbrpa btang buah naga dri semarang, trnyta skrg tumbuh dan semkin berbuah, buahnya brwarna merah dalamnya. beliau brencana mbuat prkebunan buah naga yg lbh besar, apa boleh sharing bgmn mbt prkebunan buah naga,langkah yg dtmpuh,prosesnya,krn jujur mama sya tdk ada basic ddunia pertanian/pkebunan. mohon bantuan sharing sm mbak Jean, sesama halak batak..boi do kan? mauliate. thanks.